Sunday, January 3, 2010

Ms. Visio & DFD

  • Memulai Microsoft Visio
Microsoft Visio adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang suatu model perencanaan, model ini dimanfaatkan untuk kebutuhan developer maupun engineering yang didesain untuk berbagai macam kebutuhan. Adapun untuk mengaktifkan Microsoft visio adalah sebagai berikut :
1. Klik menu start
2. Mouse ke program dan klik microsoft office >
3. Pilihlah shortcut menu Microsoft Visio dan klik mouse

4. Maka masuk pada menu visio sebagai berikut :




  • Fungsi Menu Pada Microsoft Visio
Pada Microsoft Visio terdapat beberapa menu pilihan mulai dari menu file, edit, view, insert, format, tools, shape, windows maupun help. Menu-menu ini memiliki kemiripan dengan aplikasi lain yang dibuat oleh Microsoft, dengan beberapa diantaranya merupakan menu khusus yang didesain untuk Visio itu sendiri.

Menu file hampir sama dengan format menu pada program-program rancangan Microsoft lain, yang terdiri dari sub menu New, Open, Close, Save, Save as.., Save as Web Page….., search …, Stensil, Find Shape, Page Setup, Print Preview, Print, Send to.., dan Exit.

Adapun pada submenu new terdapat tanda > yang menunjukkan sub menu dari new yang berisikan menu-menu yang dapat dipilih sesuai dengan kategori desain gambar yang kita kehendaki. Adapun pilihan tersebut dapat juga dilakukan melalui taskpane bar, seperti yang terlihat sebagai berikut :


Untuk pilihan menu new dengan memilih choose drawing type akan menampilkan pilihan gambar dengan tampilan animasi berdasarkan kategori yang dikehendaki seperti terlihat berikut :



pilihan new drawing dapat pula dipilih dengan mengklik icon new yang terdapat pada toolbar menu.


DataFlow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama
lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.
DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

Komponen Data Flow Diagram

1. Kesatuan luar ( External Entity )
Kesatuan luar merupakan kesatuan di luar lingkungan sistem yang akan memberikan masukan / menerima keluaran dari sistem. Kesatuan luar disimbolkan dengan suatu notasi kotak dengan sisi kiri dan atasnya berbentuk garis tebal serta dapat di beri identifikasi dengan huruf kecil di ujung kiri atas.
Lihat pada gambar.


2. Arus data ( Data Flow )
Arus data di DAD di beri simbol suatu panah. Arus data ini mengalir di antar proses simpanan data dan kesatuan luar, yang menunjukan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem dan dapat berbentuk antara lain :

  • Formulir atau dokumen yang digunakan di perusahaan.
  • Laporan tercetak yang di hasilkan oleh sistem.
  • Tampilan di layar komputer yang di hasilkan oleh sistem.
  • Data yang dibaca atau direkamkan ke suatu file.
Arus data sebaiknya di beri nama yang jelas dan mempunyai arti. Nama dariarus data dituliskan di samping garis panahnya.
Lihat pada gambar.


3. Proses ( Process )
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.Notasi proses dapat digambarkan dengan menggunakan lingkaran.Didalam penamaan proses
biasanya berbentuk kalimat yang diawali dengan kata kerja. Nama ini digunakan untuk menguraikan proses apa yang akan dilakukan.
Lihat pada gambar.


4. Simpanan data ( Data Store )
Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa file atau database, arsip atau catatan manual, tabel acuan manual dan sebagainya. Biasanya digambarkan dengan sepasang garis horisontal paralel yang tertutup disalah satu ujungnya.
Lihat pada gambar.



Keseimbangan (balancing) dalam DFD

  1. Aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari suatu proses harus sama dengan aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari rincian proses tersebut.
  2. Nama aliran data yang masuk kdalam dan keluar dari suatu proses harus sama dengan nama aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari rincian proses tersebut.
  3. Jumlah dan nama entitas luar dari suatu proses harus sama dengan jumlah dan nama entitas luar dari rincian proses tersebut.
Larangan dalam DFD

Dalam menggambar/ mendesain DFD ada beberapa hal yang harus dihindari, sehingga DFD tersebut menggambarkan secara keseluruhan system yang akan dirancang, hal-hal tersebut adalah:

  1. Arus data tidak boleh dari entitas luar langsung menuju entitas luar lainnya, tanpa melalui suatu proses.
  2. Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju keluar entitas, tanpa melalui suatu proses.
  3. Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju ke simpanan data lainnya, tanpa melalui sutu proses.
  4. Arus data dari satu proses langsung menuju proses lainnya, tanpa melalui suatu simpanan data, sebaiknya/ sebisa mungkin dihindari.

No comments:

Post a Comment